Pesta Topeng Sekura - 1434 H

Ini dia acara unik yang biasa digelar di Lampung Barat sehabis lebaran, yakni Pesta Sekura Cakak Buah. Pesta sekura adalah acara dimana orang-orang menggunakan topeng. Pesta sekura biasa diadakan di tiap pekon (kampung) secara begiliran. Topeng sekura bertujuan sebagai sarana silaturahmi dan untuk memeriahkan hari lebaran.

Sekura terdiri dari 2 macam, diantaranya:
Sekura Betik (indah) yang ditutup dengan kain panjang atau selindang miwang (kain khas Lampung Barat), berkacamata gelap, serta membawa pedang, bertugas menghibur penonton layaknya sang jawara. Pada jaman dulunya, jumlah kain yang dikenakan sekura adalah kain pinjaman dari muli-muli (gadis) yang ada dalam jukku/kebot adatnya. Di acara tertentu, sekura betik menampilkan tari Topeng Sekura.
Sekura Kamak (kotor) yang ditutup dengan topeng kayu dan tumbuh-tumbuhan atau barang-barang bekas sehingga berpenampilan kotor. Terkadang sekura kamak membawa alat musik tabuh hadra dan memainkannya. Sekura kamak berhak untuk memanjat buah (batang pinang) yang telah disediakan dan bekerja sama dengan sekura kamak lainnya untuk mencapai puncak.

Berikut foto-fotonya:

Bersiap-siap
Bersiap-siap #2
Sekura cilik
Sekura betik
Narsis
Narsis #2
Bersiap-siap #3
Untuk foto profil :D
Foto-foto sekura kamak:

Melet
Narsis
Yellow
Sekura tua
Panjat buah #1
Panjat buah #2

Komentar

  1. Wah menarik! Baru tahu. Ini di desa dan kecamatan apa di Lampung Barat? Kok ada panjat pinang segala mirip lomba 17-an yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dalam lingkup pekon/desa tetapi bergiliran. Biasanya diadain di dari pekon Kenali, Belalau sampai Way mengaku, Liwa. Emang iya mirip, bedanya manjat sambil pakai topeng. Pinangnya mulai dipanjat di akhir pesta.

      Hapus
  2. hampir mirip dengan halloween di negri abang sam ya? hanya bedanya sekura lebih unik dan tradisional serta menarik. Patut di lestarikan.

    - Fajarah -

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, bisa kita bilang "halloween ala Indonesia", bedanya mereka bertujuan untuk menghibur, bukan menakut-nakuti. Terima kasih sudah mampir :-)

      Hapus
  3. kereeen. sorry baru mampir. ini pocket?

    BalasHapus
    Balasan
    1. No problem, makasih juga udah mau mampir nih, hehe, iya bro, tapi sebagian ada yg pake dslr.

      Hapus
  4. yup bner banget. ane orang liwa. sedikit koreksi biasanya dikampung ane sekura betik disebut Sekura Kecah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekura betik sekura kecah, semua sama saja kok :)

      Hapus
  5. sekuraan dengan tari topeng dari kalianda yg jumlah topengnya hanya boleh 12 rupa tu masih ada hubunganya gak sih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya hubungannya sama-sama tari kemenangan,bro. Di acara resmi (khususnya daerah Lampung Barat) sering menampilkan tari topeng sekura juga.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer