Tugu Persatuan Toga Siregar


Tugu Persatuan Toga Siregar adalah sebuah lambang persatuan marga Siregar sedunia yang dibangun di tepi danau Toba, Baribaniaek, Muara, Tapanuli Utara yang juga adalah bonapasogit (kampung halaman) marga Siregar. Perlu diketahui, Muara juga merupakan kampung halaman bagi keturunan marga Aritonang (Ompusunggu, Simaremare, Rajagukguk) dan Simatupang (Togatorop, Siburian, Sianturi). Konon, dalam proses pendiriannya membutuhkan persetujuan dan dukungan dari seluruh keturunan Marga Siregar Sedunia.

Pulau Sibandang
Menurut cerita, Toga Siregar sendiri adalah anak dari pasangan Raja Lontung dan Si Boru Parame yang notabene adalah ibunya Raja Lontung sendiri. Toga Siregar memiliki 6 abang yaitu: Toga Sinaga, Toga Situmorang, Toga Pandiangan, Toga Nainggolan, Toga Simatupang dan Toga Aritonang; dan 2 boru yang dianggap anak, yaitu marga Sihombing dan Simamora. Toga Siregar sendiri memiliki 4 orang anak, yakni Silo (dikenal juga sebagai Sormin), Dongoran, Silali (dikenal juga sebagai Ritonga) dan Siagian. Berdasarkan tarombo (silsilah) yang diajarkan oleh bapakku, aku lahir dari Siregar generasi ke 17, dari anaknya yang bungsu, Siagian.

Tugu Siregar

Seiring berjalannya waktu, banyak keturunan marga Siregar pergi berdiaspora ke segala penjuru, membuka lahan baru dan akhirnya mendirikan kampung seperti di Tarutung, Pematang Siantar, Padang Sidempuan dan Sipirok. Karena diaspora tersebut, tak sedikit dari keturunannya mengalami perubahan seperti halnya penggunaan marga atau sub-marga baru (contohnya marga Sormin dan Ritonga).


Kamu Siregar yang mana? Kami Siregar Siagian.

Mengunjungi Tugu Siregar sudah menjadi rutinitas kami sekeluarga yang hidup di tanah perantauan ketika sedang pulang ke bonapasogit kami di Dolok Martumbur, Muara. Selain cerita dan sejarahnya, Tugu Siregar didirikan di atas bukit yang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Bagi kami yang lahir di tanah perantauan, bisa mengunjungi tugu yang menjadi lambang persatuan marga kami adalah sebuah kebanggaan tersendiri karena kami bisa tahu dan paham dari mana kami berasal. Di luar sana, masih banyak orang-orang Batak yang tak kenal, bahkan tak paham, dengan asal-usul atau identitas marganya.

Sudah pernah ke tugu Siregar belum?

Komentar

  1. Horas komandan, perkenalkan..
    au Siregar Silali sian Pomparan Ompu Raja Pamoto. Jumolo ma hupatandahon tarombokku. ima au Siregar Silali sian Huta Bagasan Peaarung Silali. Pomparan ni Ompung Raja Sungkia Silali. No 19 ma au. Horas ma hita. Salam.. A Jonathan Siregar / br Simanjuntak. dari Muara Bungo, Jambi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas, komandan! Au pe na pas manjou komandan sabotulna :D
      Au Siregar Siagian nomor 17 sian huta Nomor Walu, Dolok Martumbur, Muara. Omakku pe sian Muara, boru Siburian. Sian Oppung nunga tinggal di Lampung. Saonari pe naeng lao manamathon perkuliahan.

      Jadi boha do partuturanna, tong do manjou Bapatua/abang?

      Horas sian Siregar par-Liwa.

      Hapus
    2. he tahe, na salah manurat do au no 18 do iba abang...
      ingin sekali turun ke bawah ke Muara, menjejakkan kaki ke Tugu Siregar, sedang kami rencanakan bersama keluarga.

      Sian siregar Silali Pea Arung
      pomparan Raja Pamoto Muara
      tinggal na ma hami di Muara Bungo dohot natua tua i.. marhite mangalului ngolu...

      Hapus
    3. Oh, nomor 18, manjou uda ma, anggi pe boi, alana Siregar Siagian do au.
      Kalau berkunjung ke Tugu Siregar ya harus, kan tugu kita semua, itu tanda dari mana kita berasal. Kebetulan yang merawat tugu itu Marga Siregar Silali juga karena dekat dengan rumah mereka di huta Baribaniaek.

      Horas ma komandan!

      Hapus
    4. Horass ma oppung.
      Manjou opung nama au alai molo au siregar siagian nomor 20. Alai molo oppungku sian sipirok do. Tobangku hutana di hopong. siagian sian hopong do hami. Tikki sonnari tinggal di psp dohami. Alai molo pangidoakku di akka alak opung baenma puguanta oppung. Dang adong dison puguan nami oppung. Adong pe puguanna dison oppung masuk tu patogar do oppung. Molo pangidoan baen ma oppung puguan tai siregar siagian boru bere ibabere oppungoppung.
      Mauliate ma

      Hapus
  2. Horas Tulang...
    Aku boru Sitorus, mama boru Siregar Lali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas, ito! Salam kenal dari Siregar Liwa ;)

      Hapus
  3. Horas tulang,
    Mohon bantuan silsilah siregar saya.
    Kakek saya bernama Dayat Siregar, anak-anaknya: Sani Siregar, Mansyur Siregar, Amir dan Abu Hanifah (Bapak saya). Dari Abu Hanifah anaknya Riksan Abdullah dan satrya iskandar (saya).
    Saya skr diluar negeri ingin menyambung silahturahmi sama keluarga besar Siregar. Kata sepupu ayah saya, silsilah kami ada di Bagas Nagodang Sipirok. Bisakah dibantu carikan abang? Terima kasih
    Satrya iskandar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas, Appara. Janganlah dipanggil tulang aku ini, Kita kan semarga, tulang itu panggilan kita ke saudara laki mama kita, Appara.

      Kalau soal tarombo sebenarnya bisa didapat dari keluarga kita yang masih tinggal di kampung asal kita tinggal di bonapasogit. Atau supaya lebih mudah, saranku, appara bisa coba bergabung ke grup marga Siregar di facebook seperti: "Parsadaan Marga Siregar dan Data Tarombo Pomparan Toga Siregar" atau grup-grup semacamnya, biasanya salah satu anggotanya bakal kasih tau kita tentang tarombo kita, jadi kita bisa hubungkan ke silsilah keluarga kita.

      Hapus
  4. Horas. Saudaraku

    Aku kehilangan Taromboku.
    Ayahku Chaidir Siregar (Wasit Kota Medan tahun 1970-1980an) Salah Satu Wasit untuk Marah Halim Cup . Ompungku Abdul Majid Siregar.
    Setelah ayahku Meninggal Dunia (thn 1986), terjadi konflik keluarga yg memutuskan pembakaran Buku Tarombo oleh mamakku tp itu disesalkan beliau ketika kami dewasa & meminta kami utk mencari riwayat kel.

    Informasi yg ku dapat, Aku Siregar Dongoran. Nomor 17.

    Mohon Arahannya Saudaraku.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal abang. Aku Siregar Siagian dari Muara, nomor 17 juga. Salah satu cara kalau abang mau dapat tarombo keluarga, abang bisa coba gabung di grup-grup marga Siregar di facebook, sejauh yang pernah ku coba, mereka responsif dan bisa membantu. Karena nanti mereka bakal mencocokkan dengan identitas yang abang punya.

      Hapus
  5. Aku siregar siagian. Tinggal di perdagangan.

    BalasHapus
  6. Horas..semua Dongan Tubu Toga Siregar, Saya Siregar sundut ke-17 Pinompar ni Ompu Tuan Sumar Siregar Silo dari anakna no:3 Ompu Raja Silampuiang Siregar Silo. Dari Ketiga anaknya Ompu Tuan Sumar (Ompu Sairu,Sitambok Nabegu,Raja Silampuiang) inilah marga Siregar Sormin muncul, berasal dr desa Lumban Sormin, Pangaribuan Tapanuli Utara. Senang sekali bisa berbagi info di blogspot appara Exaudio Siregar Thx (Horas dihita sude)

    BalasHapus
  7. Horas
    Saya Siregar Siagian Nmr 18
    dari tuan Sijakkal

    BalasHapus
  8. Horass appara
    Au Siregar dongoran pra.
    Salam kenal dohot saudara saudara ku sudena. Namar marga Siregar...
    Horas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer