Pesta Topeng Sekura 2012



Pesta Topeng Sekura Cakak Buah adalah acara dimana orang-orang menggunakan topeng (khusus sekura kamak) untuk memanjat pohon pinang seperti yang biasa diadakan saat tujuh-belasan. Bedanya, acara ini diadakan pada awal Syawal atau hari raya Idul Fitri. Acara ini diadakan di setiap pekon (kampung) secara begilir. Tujuan acara ini sebagai sarana silaturahmi dan hiburan untuk memeriahkan hari lebaran. Topeng Sekura juga tak hanya dikenakan oleh orang-orang dewasa saja, anak-anak pun ikut serta memeriahkan pesta budaya ini.
Sekura ada 2 macam, diantaranya Sekura Kamak dan Sekura Betik. Dari segi penampilan, Sekura kamak berpenampilan kotor, terdiri dari bahan kostum bekas dan alami seperti karung bekas, sabut kelapa, tumbuhan, dsb. Sehingga penampilan mereka menjadi kotor, unik, aneh dan lucu. Ada yang seperti ibu-ibu hamil, badut, bahkan seperti gadis, hehe. Sekura kamak berhak memanjat pinang yang telah ditentukan, bekerja sama (bekerja sama) dengan sekura kamak lainnya untuk mencapai puncak pinang. Kadang, Sekura Kamak bermain  alat musik hadra (sejenis rebana).
Sedangkan Sekura betik berpenampilan kecah (indah) dan lucu. Sekura Betik menggunakan kacamata hitam, kostum terdiri dari kain panjang dan biasanya kepalanya ditutupi dengan kain selindang miwang (Kain khas Lampung Barat) serta memegang sebuah pedang. Pada jaman dulunya, jumlah kain yang  dikenakan oleh sekura adalah kain pinkaman dari muli-muli (gadis) yang ada dalam jukku/kebot adatnya. Sekura Betik lebih mengarah menghibur penonton dengan berekspresi seperti jawara, terkadang mereka tampil dengan menari. Mereka tidak diperbolehkan untuk memanjat pinang.


Sekura betik #1

Sekura kamak #1

Sekura betik #2

Sekura betik #3

Sekura betik #4

Sekura kamak #2

Sekura betik #5

Cakak buah #1

Sekura betik #6

Sekura betik #7

Sekura betik #8

Tari topeng sekura

Sekura betik #9

Membuat foto

Sekura cakak buah #2

Sekura cakak buah #3

Sekura betik #10

Sekura betik #11

Sekura kamak #3

Sekura kamak #4

Sekura kamak #5

Sekura kamak #6

Sekura dari LiwArt: Komunitas fotografi Lampung Barat

Kemarin kami moto sekura, hari ini kami jadi sekura :D

Artikel terkait:

Comments

You can also read this