Pesta Topeng Sekura Cakak Buah 2011

Pesta Topeng Sekura Cakak Buah adalah pesta dimana orang-orang menggunakan topeng (khusus sekura kamak) untuk memanjat pohon pinang seperti yang biasa diadakan saat tujuh-belasan. Bedanya, acara ini diadakan pada awal Syawal atau hari Idul Fitri. Tahun ini, Topeng Sekura diadakan di Gunung Sugih, Canggu, Pekon Balak (Batu Brak), Way Mengaku, Liwa dan Mapolres Liwa Lampung Barat. Acara ini diadakan di setiap pekon (kampung) secara begilir. Tujuan acara ini sebagai sarana silaturahmi dan hiburan untuk memeriahkan hari lebaran. Topeng Sekura juga tak hanya dikenakan oleh orang-orang dewasa saja, anak-anak pun ikut serta memeriahkan pesta budaya ini.
Sekura ada 2 macam, diantaranya Sekura Kamak dan Sekura Betik. Dari segi penampilan,Sekura kamak berpenampilan kotor, terdiri dari bahan kostum bekas dan alami seperti karung bekas, sabut kelapa, tumbuhan, dsb. Sehingga penampilan mereka menjadi kotor, unik, aneh dan lucu. Ada yang seperti ibu-ibu hamil, badut, bahkan seperti gadis, hehe. Sekura kamak berhak memanjat pinang yang telah ditentukan, bekerja sama dengan sekura kamak lainnya untuk mencapai puncak pinang. Sekura Kamak jago rebanaan juga..
Sedangkan Sekura betik berpenampilan helau (indah) dan lucu. Sekura Betik menggunakan kacamata hitam, kostum terdiri dari kain panjang dan biasanya kepalanya ditutupi dengan kainselindang miwang (Kain khas Lampung Barat) serta memegang sebuah pedang. Sekura Betik lebih mengarah menghibur penonton dengan berekspresi seperti menari. Mereka tidak diperbolehkan untuk memanjat pinang.

Faktanya ketika acara ini diadakan:
  • Sekura itu narsis lho... :D
  • Kacamata paling laku di event ini (saya juga beli)
  • Yang nonton RAME!! (sampe bikin macet)


Mendukung Teman yang sedang memanjat


Santai Sejenak


Little Sekura


Santai Sejenak #2


Bekerja sama


Narsis


Ini bukan Sekura, hehe


Little Sekura #2


Santai Sejenak #3


Narsis #2


Berbicara

Narsis

Uy, Foto pai gham!

Narsis #2

Narsis #3

Berpantun..

Narsis #4

Narsis #5

Narsis #6

Bekerja Sama #2

Narsis #7

Sekura Wisudaan :D

Tobi'i dan Sarman (Temanku yg ikut Sekuraan)

Narsis #8

Berunding bagi hadiah yang sudah didapat

Santai Sejenak #4

Ngumpul-ngumpul

Ija gham poto pai uy :D

Ghepa, adu mantap makkung nyak??

Ups.. jahil XD

Narsis #9

I'm Happy

My Father, My Brother and The Sekura

Sekura Betik

Buya (Capek)

Ngumpul-ngumpul

Santai sejenak

Yihaa.. Wat Organ Tunggal Ni..

Santai Sejenak

NN

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer