Aek Sipangolu, Air Kehidupan dari Bakara


Aek Sipangolu yang berarti air kehidupan, adalah nama sebuah air terjun di desa Bakara, Bakti Raja, Humbang Hasundutan. Setiap pulang ke bonapasogit Ayah dan Kakek saya di Muara, kami selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat ini untuk berekreasi. Tak jarang pula orang-orang datang dari berbagai daerah mengunjungi tempat ini untuk mandi dan juga mengambil airnya untuk dibawa pulang.

Memberi Sesajian
Konon, air terjun ini dipercaya berasal dari kesaktian raja Sisingamangaraja pada masa lampau. Saat ia sedang di perjalanan pulang ke Bakkara dengan membawa seekor gajah putih, ia kehausan. Dengan kesaktiannya, ia menancapkan tombaknya ke sebuah batu cadas, lalu keluarlah air dari tempat itu. Tempat keluarnya air tersebut diberi nama Binanga Bibir (telaga bibir) dan juga ada yang menyebutnya sebagai Aek Sipaulak Hosa (air pelepas dahaga).

Ada jualan sate Padang, hehe
Air terjun ini menjadi terkenal sejak tahun 1950-an, setelah eorang lumpuh mandi di aliran air tersebut, kakinya menjadi pulih dan bisa berjalan kembali. Sejak saat itu, berita khasiat aliran air ajaib tersebut tersebar dan banyak masyarakat menggunakannya sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Mangga Muara di sekitar Air terjun Aek Sipangolu

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer