Menemani Mirko Buzzelli, Orang Itali yang Bersepeda Membelah Asia, Keliling Bandar Lampung


"Bro, hari senin bakal ada bule sampai di Lampung, bisa gak jemput dia di Panjang pas siang kalau gak sore?"

Begitulah isi pesan whatsapp bang Firman si Blackbeans Sabtu lalu (22/10) yang tiba-tiba membuatku jadi sangat sumringah karena akhirnya aku bakal bisa ketemu pesepeda touring dari luar negeri.

Gimana enggak? Selama tinggal di Bandar Lampung, aku belum pernah berjumpa dengan "orang gila" seperti mereka Kenapa mereka kusebut orang gila? Karena mereka mau meninggalkan kehidupan normal mereka dan menghabiskan waktu bahkan sampai bertahun-tahun di atas sepeda untuk mengelilingi dunia. Gokil.

Setelah memperoleh kontak Mirko, si pesepeda touring dari UK itu, aku pun mulai menghubunginya untuk menanyakan posisi dan rencana perjalanannya beberapa hari ke depan. Pada hari Minggu itu dia sudah berada di kapal feri untuk menyeberang menuju pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan lalu beristirahat semalam dan akan melanjutkan kembali perjalanannya esok hari. Kami pun membuat janji untuk bertemu di daerah Panjang, Bandar Lampung.

Senin pagi jam 8 (24/10), handphone ku pun berbunyi, Mirko sudah sampai di daerah Tarahan, Lampung Selatan, tidak jauh lagi dari tempat kami akan bertemu. Luangan, geluk ikheh! Ku pikir dia bakal tiba siang atau sore nanti tapi ternyata dia tiba lebih cepat dari yang ku kira. Aku pun bergegas menyusulnya ke Panjang tempat kami akan bertemu. Bang Firman pun mengabariku kalau dia tak bisa ikut menjemput karena dia sedang dalam pekerjaan menyelesaikan gerobak dagangannya.

Mirko Buzzelli adalah seorang Italia yang telah lama tinggal di London, United Kingdom. Dia berniat untuk bersepeda mengelilingi Asia yang dimulai dari Bali sampai ke Jepang. Jadi, berdasarkan perhitungan Mirko, dia akan menyelesaikan perjalanannya sampai setahun ke depan! Leluangan.

"Kokpit" sepeda Mirko.

Sebelum tahu kalau dia seorang Italia, pikirku bakal seru nanti bisa bercakap-cakap dengan seorang British. Ternyata tidak, Mirko menggunakan bahasa Inggris Amerika dengan aksen bicaranya yang membuatku jadi ingat pembalap motoGP terkenal. Oh, iya! Valentino Rossi! Dia berbicara seperti Valentino Rossi. Hahaha, senang sekali aku waktu itu bisa berjumpa dan bercakap-cakap bahasa Inggris dengan dia. Walaupun sebenarnya ada beberapa percakapan yang gak dimengerti karena kadang dia bercerita terlalu cepat. Jadi, aku yes-yes-in aja, hahaha..

Teman berpetualang Mirko.

Setelah berkenalan secara langsung, hal pertama yang diminta Mirko adalah mengantarkannya ke tempat untuk membeli kopi. "Can we get good coffee here? I need a lot of coffee!", katanya. Dia tahu bahwa tempat dia berada sekarang adalah tempat dimana kopi terbaik bisa ditemukan. Kopi Robusta Lampung. Pikirku, "Ah, pasti bang Firman yang ngeracunin dia pas di Malang nih". Pas sekali, aku juga lagi butuh asupan kafein.

Singgah di kedai Flambojan.

Kami pun mulai mengayuh sepeda menuju seputaran Enggal. Dalam setengah jam, kami tiba di salah satu kedai kopi yang sudah sering kukunjungi, yaitu Flambojan. "This place looks like the coffee shops in my place. I thought the shop was like warung in Java.", begitulah kesan pertama Mirko mengunjungi Flambojan, sebuah kedai kopi di Bandar Lampung dengan konsep take away coffee shop, tapi hari itu kami minum di tempat saja.

Banyak pilihan cara seduh yang ditawarkan oleh juru seduh Flambojan, namun Mirko memilih kopi tubruk. "I'm in Indonesia right now, so I'm an Indonesian right now, I wanna drink coffee like Indonesian people", begitulah sahut si Mirko kepadaku. Jadilah waktu itu kami menikmati secangkir kopi robusta Liwa dengan cara seduh khas orang Indonesia, tubruk.

Mirko di Flambojan.

Puas menikmati kopi terbaik dari Lampung, kopi Liwa, kami pun melanjutkan perjalanan menuju bengkel las Art Metal Studio milik Mas Bangun di Tanjung Senang. Di sana, bang Firman sudah menunggu kami sambil membangun gerobak Burger Bakar Patty-nya. Sebenarnya Mirko dan bang Firman sudah pernah bertemu di rumah singgah pesepeda sewaktu di Malang, Jawa Timur beberapa minggu yang lalu. Saat itu Mirko tiba dari Bali dan bang Firman tiba dari Lampung setelah hampir 3 minggu menjelajahi jalanan di pulau Jawa.

(Baca juga: Pesta Sekura, Helloween ala Indonesia)

Tiba di Art Metal Studio, Mirko pun langsung dijamu makan siang oleh bang Firman, sederhana, namun dia senang sekali karena diberi makanan khas Jawa, pecel. Hahaha, dia suka dengan makanan itu karena bumbu kacangnya. "Are you a vegan?", tanyaku. "No, is there any meat here?", tanya Mirko. "No, it is a Javanese food called pecel. There are some vegetables, peanut sauce, and overcooked rice or lontong. Pecel is a delicious food which is very cheap we can find". Lalu Mirko menjawab dengan sangat yakin, "Yes, of course, that's why if I'm hungry, I prefer to look for warung than a restaurant. The food is very cheap!". Itulah salah satu percakapan kami saat sedang beristirahat di Art Metal Studio mas Bangun. Sesekali Mirko mengeluarkan candaan yang cukup kami mengerti sama yang dia bilang. Katanya, "I was scared when I knew that your name is Dio. When I just arrived at Bakauheni port, I thought that I was going to meet God". Mas Bangun bertanya kenapa. Lalu Mirko menjawab dengan ekspresi khas bulenya, "Yes, sure, because Dio, I mean Dios in Spanish means God."

Singgah di Art Metal Studio-nya Mas Bangun.

Usai cukup lama mengobrol di Art Metal Studio siang itu, kami pun mengajak Mirko untuk singgah ke Keiko Bahabia. Kebetulan bang Firman ada urusan dengan salah satu juru seduh di sana, bang Kutu Bocah. Siapa kira, kami gak nyesel ajak Mirko ke kedai ini. Dia cukup terkesan dan senang berada di kedai itu. Katanya di negaranya jarang atau bahkan tak ada kedai kopi dengan lukisan mural kreatif dan nyeleneh seperti kedai yang satu ini. Apa lagi gambar-gambarnya dibuat oleh si juru seduh kedai itu sendiri. Mungkin jika selama ini cafe atau kedai kopi yang dia pernah singgahi atau yang di negaranya selalu dilengkapi dengan wifi di sini tidak. "Sorry no wifi, talk to each other", baca si Mirko sambil tertawa. Ia pun mondar-mandir menikmati gambar dan foto-foto pariwisata provinsi Lampung yang juga dipajang di Keiko Bahabia.

(Baca juga: Perjalanan Bersepeda Membelah Bumi Sekala Brak)

Memperhatikan juru seduh Keiko Bahabia menyeduh kopi.

Sore itu pun kami habiskan dengan mengobrol santai dengan Mirko sambil menunggu teman-teman Warmshowers Indonesia menjemput Mirko untuk membawanya ke rumah singgah. Banyak hal yang kami obrolkan di sana hingga tak terasa sudah banyak juga kopi yang Mirko habiskan pada hari itu, dan dia terlihat sangat menikmatinya. Sampai aku penasaran dan bertanya, "Will you sleep tonight? You've really spent a lot of coffee". Dengan ekspresi khas bulenya, Mirko menjawab, "It's okay. At least, I can enjoy some great coffee in here for free. And there is no bule price". Seketika itu kami pun tertawa setelah Mirko mengucap bule price (harga untuk pengunjung internasional).

Mirko meminta aku dan teman-teman yang dijumpainya untuk mengenakan topinya, lalu ia foto.

Menjelang malam, bersama-sama teman Warmshowers, kami pun menuju rumah singgah untuk pesepeda touring. Warmshowers adalah sebuah organisasi yang menyediakan tempat singgah dan informasi bagi pesepeda touring lokal atau pun luar. Tak hanya di Lampung, Warmshowers tersebar di berbagai kota yang sering dilintasi oleh pesepeda touring di seluruh Indonesia.

Banyak cerita yang kami dapatkan dari Mirko selama perjalanannya di Indonesia, tepatnya saat di pulau Jawa. Sebagian ceritanya itu membuat kami tertawa, mungkin Mirko memang suka bercanda seperti seorang komik, dia bercerita tentang kisahnya dan cerita-ceritanya bisa membuat pendengarnya tertawa. Di Probolinggo, ponselnya pernah terjatuh dan saat akan diambil ada truck besar yang juga melintas lalu seketika itu pula ponselnya terlindas. Pernah juga ia membeli bakso di warung tenda di tepi jalan, lalu ia dibohongi dengan harga bakso Rp 500.000,- /mangkok, lantas Mirko tak terima dan hanya meninggalkan Rp 30.000,- saja di warung itu. Mirko sangat senang berada di Indonesia, berada di Indonesia dia merasa seperti seorang "a famous rockstar", katanya, seperti bule kebanyakan, banyak orang yang memanggilnya demikian saat bersepeda dan banyak pula yang meminta padanya untuk foto bersama. Dia sangat suka makan di warung. Dia bisa memilih dan menyantap makanan enak dengan harga yang sangat murah baginya.

Sarapan nasi uduk di Kemiling. "I prefer to eat in warung, it's very cheap", kata Mirko.

Foto bersama sebelum Mirko melanjutkan perjalanan menempuh Pesisir Barat Lampung.

Esok harinya, pagi-pagi, aku dan bang Firman pun menemani Mirko sampai ke perbatasan kota, Kemiling. Dia menargetkan bisa menempuh Kota Agung Tanggamus, atau jika hari masih terang dia bisa menginap di masjid Imaduddin pekon Semaka (rest area sebelum melintasi belantara Taman Nasional Bukit Barisan Selatan) lalu perjalanan keesokan harinya melintasi Pesisir Barat Lampung hingga ke Bengkulu.

(Catatan: Setelah dari sini, janggutku pun kucukur habis)

Comments

  1. Kebanyakan pesepeda luar emang seneng nyepeda di Indonesia karena bisa makan enak murah mengenyangkan. :D

    Ganas lah Mirko ini. Semoga dirinya selamet di jalanan pesisir barat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mas! Banyak pula hal-hal yang gak biasa mereka liat kalau makannya di warung. Contohnya: heran pas liat kami makan mie rebus campur nasi atau makan gorengan pakai cabe rawit, hahaha

      Pasti selamat! Seminggu ini dia sudah ada di Bengkulu menuju kota Manna. Sebelum pergi kami bilang Sumatra itu aman, asal jangan jalan waktu malam, bukan takut ketemu rampok atau begal, tapi ketemu satwa liar macam harimau, badak kalau gak gajah :D

      Delete
  2. Mental mereka memang benar-benar mental explorer ya. Ga takut dengan kemungkinan2 yang bisa dihadapai. Tapi pasti tentunya ada persiapan matang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Om, mental dan persiapan mereka siap banget, sampai kata Mirko selama di jawa menuju sumatera, dia sering diingatin kalau sumatera itu keras, bahaya, macam-macam, tapi dia gak ngerasa takut justru penasaran buat buktiin, dan akhirnya memang gak ada yang perlu ditakutin kecuali binatang buas kalau masuk hutan. Canggih pokoknya, selama touring itu dia punya semua peralatan penunjang perjalanan dan hidup, benar-benar hidup di atas sepeda. Gokil.

      Delete

Post a Comment

Tell me anything on your thought. Thank you.

You can also read this