Berkeliling di Kota Tua Teluk Betung

 
Hujan tak turun sabtu lalu. Padahal di hari-hari sebelumnya, hujan selalu turun hingga membanjiri halaman tempat tinggal kami. Berbekal sebuah motor dan kamera pinjaman dari bang Albet, ku tancap gas menuju Teluk Betung selagi cuaca aduhai cerahnya.

Ruko-ruko di Jl. Ikan Tenggiri
Bagi sebagian orang (aku juga sih, dulu), Teluk Betung merupakan kota yang paling membingungkan di Bandar Lampung karena banyaknya persimpangan dan blok, sudah lagi ada beberapa jalan yang hanya berlaku satu arah. Apalagi kalau gak hapal nama-nama jalan di sana.

Ruko-ruko di Jl. Ikan Kakap
Di balik jalanan macam labirin itu, ada hal unik yang menjadi ciri khas kota ini, yaitu bangunan-bangunan tuanya yang masih berdiri kokoh, walaupun ada sebagian bangunan yang telah dirubuhkan dan digantikan dengan bangunan modern. Konon, karena letaknya di pesisir teluk Lampung, kota ini telah menjadi sentra perdagangan sejak bahkan sebelum Indonesia merdeka.

Bangunan tua di Jl. Laksamana Malahayati
Selain bangunan-bangunan tuanya, pusat kota Teluk Betung, terutama di pusatnya, juga sangat kental akan pecinannya, tak jarang di sana banyak ditemui restoran, kedai mie, vihara dan bangunan-bangunan lainnya yang khas Tionghoa.

Bioskop Queen

Naga-naga di atap gedung Hakka Metta

Vihara Thay Hin Bio di Jl. Ikan Kakap

Komentar

  1. Foto naga naga di atap gedung hakka etta, favorite!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, jadi kamu memilih foto naga dan petai cina :D

      Hapus
    2. hooh, kesannya beneran kaya di cina. Kaya yang ada di sinetron kabut cinta

      Hapus
  2. Keren banget, serius!

    Kelihatan sih tuanya, trus agak gak terawat juga (hehe). Tapi ntah kenapa kok kaya intagrammable ya wkwkw xD

    Mana editannya syahdu gitu gak kontras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, bener, padahal kalau dirawat bisa jadi spot foto ala ala klasik gitu. Tapi sayangnya ada banyak bangunan yang gak terawat atau malah udah diganti dengan bangunan yang baru. Terima kasih ya atas apresiasinya, ini kebetulan aja karena dipinjemin kamera bagus, hehehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer